Skip to main content

Cara Membuat Wajah Di Uang Kertas Dengan Photoshop

Whats up guys, Mungkin sudah tak asing dengan benda yang satu ini yaitu uang, Sebagai alat untuk membeli sesuatu yang kita inginkan dengan menggunkan benda yang satu ini. Pada setiap negara pasti memiliki uang kertas yang bergambar orang-orang penting atau kebudayaan dari negara tersebut dan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat wajah di uang kertas dengan photoshop atau biasa disebut juga dengan efek uang.
Cara pembuatan efek uang ini terbilang susah untuk dipelajari apabila melihatnya dari website dan sebisa mungkin saya akan menjelaskan cara pembuatannya dengan gaya bahasa yang mudah untuk diikuti, Proses pembuatannya kita hanya menggunakan filter dan beberapa fitur dari photoshop.

LANGKAH PERTAMA

Buka foto kalian dengan menekan Ctrl+O lalu ubah menjadi hitam putih dan ubah level pada gambar dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+U > Ctrl+Shift+L. Lalu ubah ukuran gambar menjadi Width: 640 Height: 360.

LANGKAH KEDUA

Buat lembar kerja baru tekan Ctrl+N dengan menggunakan ukuran 3000x3000pixel, Lalu tekan Shift+F5 ubah pada bagian use menjadi 50% gray dan pilih Filter > Filter galery samakan seperti gambar berikut.

LANGKAH KETIGA

Pada tahap ini kita akan membuat garis horiszontal tersebut menjadi bergelombang dengan memilih Filter > Distort > Wave, Atur settingannya seperti berikut Number Of Generators: 1, WaveLegth: Min: 159 Max: 160, Aplitude: Min:20 Max:40, Type: sine.

LANGKAH KEEMPAT

Pindahkan foto kalian kelembar kerja garis bergelombang dan taruh layer foto kalian paling bawah. Lalu ubah blending mode layer gelombang menjadi Overlay jika sudah, Duplikat layer dengan menekan Ctrl+J dan tekan Ctrl+i pada layer hasil duplikat tadi, Ubah transform menjadi 90 derajat.

LANGKAH KELIMA

Buka polosan uang kertas jika belum punya polosan uang kertas bisa kalian ambil disini. Pindahkan semua layer pada lembar kerja  gelombang tadi (sebelum itu merge semua layer), Lalu lakukan langkah berikut:
  1. Klik chanel tahan tombol Ctrl dan klik layer paling bawah.
  2. Add layer mask dan klik pada bagian yang sudah saya tandai dengan titik merah.
  3. Ubah blending mode menjadi linear burn.

LANGKAH KEENAM

Pilih exposure yang berada pada pallete layer, Lalu clipping mask dengan layer kalian dengan cara tekan Alt pada pertengahan layer exposure dan layer foto kalian.
Dan itulah cara membuat wajah di uang kertas dengan photoshop, Semoga artikel yang saya sampaikan bermanfaat bagi kalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar