Tutorial Smudge Lengkap Dari A sampai Z Dengan Sketchbook

Whats up guys, sketchbook pro merupakan aplikasi menggambar atau desain grafis keluaran Autodesk yang bisa dibilang sangat mudah sekali untuk membuat smudge painting.

Tetapi yang namanya seorang pemula yang baru pertama kali buat smudge art melihat vidio tutorial sangatlah mudah akan tetapi pada saat mempraktekannya sangat sulit dan ribet.
Dikarnakan tutorial yang ia lihat tidak menjelaskan secara benar tahap demi tahap pembuatan smudge painting tersebut, oleh karna itu saya akan membuat tutorial smudge painting lengkap dari A sampai Z dengan Sketchbook.

Semoga tutorial yang saya tulis bisa memberi pencerahan untuk kalian yang sangat ingin belajar membuat smudge.

Persiapan Tool Smudge

Untuk memudahkan kalian dalam mempelajari pembuatan smudge, alangkah baiknya kalian menggetahui tool mana saja yang digunakan dalam membuat smudge dan fungsi dari setiap tool tersebut. Silakan kalian simak gambar berikut:
1. Tool pertama atau tool smudge digunakan untuk mengosok atau memperhalus bagian kulit foto.
2. Tool kedua digunakan pada tahap pewarnaan, warna kulit dan pakaian.
3. Tool ketiga digunakan untuk membuat helaian pada bagian rambut, alis dan bulu mata.
4. Tool keempat digunakan untuk mewarnai bagian rambut.

Kalian bisa memasukan tool diatas tadi kedalam favorites dan mensettingnya, boleh sama dengan punya saya atupun sebaliknya.

Pilih Picsay Atau Snapseed Untuk Buat Smudge?

Biasanya sebelum melakukan penggosokan foto terlebih dahulu dipertajam supaya memunculkan texture sehingga pada saat proses penggosokan terlihat mulus atau halus, kalo kalian bertanya lebih bagus mana picsay atau snapseed?

Menurut saya bagus menggunakan snapseed, karna hasil texture yang dimunculkan hampir sama dengan membuat smudge diphotoshop, Sedangkan picsay tidak memunculkan texture apapun.
Kalian bisa memunculkan texture tersebut disnapseed dengan menggunakan fitur Detail, kalian zoom foto dan tambah nilai strukture hingga memunculkan texture kasar (jangan menambahkan nilai strukture terlalu banyak karna akan membuat warna kulit berubah) dan untuk penajaman kalian beri nilai +100 setelah itu kalian simpan.

Tahap Pembuatan Smudge   

Setelah memberikan efek ke foto dengan menggunakan picsay atau snapseed, hal berikutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat lembar kerja baru.

Cara membuat lembar kerja baru pada aplikasi sketchbook sangatlah mudah, kalian pilih tombol paling kiri atas dan pilih ukuran 768x1024 mobile, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.
Setelah itu kalian warnai bagian kulit dengan menggunakan tool kedua (jika kalian belum tau toolnya seperti apa bisa baca sekali lagi pada bagian “persiapan tool smudge”).

Kalian buat layer baru setelah itu warnai dengan kode warna E02 dan ubah blending menjadi color, lalu kalian hapus bagian mata dan mulut dengan eraser tool.
Selanjutnya kalian duplikat layer warna E02 tadi hingga 2x, pada layer warna paling atas kalian ubah warnanya dengan menggunakan fitur Fill (kode warna RV02) dan jangan lupa kalian perkecil opacity disetiap layer warna kulit hingga mendapatkan warna yang natural seperti warna kulit pada umumnya (contohnya bisa lihat gambar dibawah ini).

Tahap Pengosokan Foto

Setelah kalian mewarnai kulit dengan kode warna diatas dilanjutkan ke tahap penggosokan dengan smudge tool, disinilah biasanya titik kesalahan seorang pemula yang baru pertama kali membuat smudge painting.

Sering kali seorang pemula menggosok bagian wajah dengan tanpa arah dan hasilnya pun terlihat buruk, karakter dari wajah seseorang bisa berubah.
Disini saya akan menjelaskan teknik menggosok smudge dengan baik dan benar:
1. Pertama-tama kalian gosok terlebih dahulu bagian T fokus (mata, hidung dan mulut).
2. Ikuti alur wajah.

Tahap Pewarnaan Mata & Mulut

Untuk mewarnai mata dan mulut sama halnya seperti mewarnai warna kulit, kalian berikan warna putih untuk bola mata dengan blending soft light dan sedangkan warna mulut kalian bisa menggunakan warna pink atau merah dengan blending color. Jangan lupa kalian kecilkan Opacity disetiap layer warna kulit sampai warnanya natural atau selaras dengan warna kulit.

Tahap Pembuatan Rambut

Sebenarnya saya belum terlalu ahli dalam membuat rambut akan tetapi saya akan memberitahu kalian teknik dasarnya saja dalam membuat rambut, Dalam membuat rambut kalian menggunakan tool nomor 3 dan 4.

Pertama-tama kalian tentukan warna dasar rambut, karna disini rambut pada foto sudah berwarna coklat maka saya akan menggunakan warna rambut yang paling dominan/banyak sebagai warna dasar dan untuk warna lapisan kedua saya gunakan warna pirang.

Gunakan tool nomor 3 untuk membuat helaian rambut pada bagian pinggirnya saja, usahakan mengarsir sesuai alur rambut. Setelah mengarsir bagian pinggir rambut dilanjutkan dengan memwarnai bagian tengah rambut dengan tool nomor 4 dan kalian ulangi lagi akan tetapi gunakan warna lapisan kedua atau warna yang berbeda dari warna dasar rambut.
Nah.. itu saja tutorial smudge painting lengkap dari a sampai z dengan menggunakan aplikasi sketchbook, Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah berkunjung jika ada pertanyaan bisa tinggalkan dikolom komentar.

Related Posts

9 comments:

  1. Gan kenapa saya gak ada smudgr tool nya ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake yang pro mas, cari aja digoogle sketchbook pro

      Delete
  2. Gan ada video nya gak biar tambah jelas

    ReplyDelete
  3. terimakasih tutorialnya amat sangat membantu sehi
    ngga bisa menggunakan autodesk skectbook dengan baik

    ReplyDelete
  4. Mank itu pas bagian mata kok susah banget yak apa karna ukuran apa gimana bingung maaf nubie

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah dalam hal apa?
      kalo susah dalam penggosokan, perkecil ukuran smudge tool. yang perlu diperhatiin warna mata dan kulit wajah layernya berbeda.

      Delete

Silakan Tinggalkan Pertanyaan dikolom komentar ini..!!!

Jika Ada Masalah Atau Ada Bahasa Yang Kurang Dimengerti Silakan Lapor Dikolom Komentar.
DILARANG PROMOSI WEB..!!!!