Cara Membuat Efek Foto Anyaman Dengan Photoshop

Whats up guy’s, Kali  ini kita akan membahas teknik yang sebelumnya pernah viral di grup photoshop yaitu cara membuat efek foto anyaman dengan photoshop. Yang membuat teknik ini viral adalah foto ini terlihat unik dan semua orang bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya, Apakah sesulit membuat anyaman?
Cara membuat efek foto anyaman dengan photoshop
Cara membuatnya tidak sesulit yang kalian bayangkan, Karna pada proses pembuatannya memakai aplikasi editing photo yaitu photoshop maka kita akan dipermudah. Dalam proses pembuatan efek anyaman kali ini hanya mengandalkan teknik dasar dari photoshop saja yaitu menggunakan tool seleksi, memakai fitur grid dan menggunakan outer glow saja. 

LANGKAH PERTAMA

Kalian buka lembar baru dengan warna dasar hitam atau kalian bisa memberikan warna hitam pada lembar kerja kalian, Lalu buka foto yang ingin kalian berikan efek anyaman dengan menekan Ctrl+O pada keyboard dan kalian aktifkan show grid pada photoshop kalian dengan memilih view > show > grid (atau tekan Ctrl+’). Jika sudah muncul tinggal kalian samakan gridnya dengan punya saya, Pilih Edit > Preferences > Guides.... dan samakan seperti di gambar.

LANGKAH KEDUA

Pertama-tama kalian duplikat layer foto yang ingin diberikan efek anyaman dengan menekan Ctrl+J dan pada tahap ini kalian seleksi 2 grid/kotak dan kalian lomkap 1 kotak secara horizontal dengan menggunakan rectanguler tool, Untuk lebih jelas seleksinya seperti apa lihat gambar berikut.
Dan jika terseleksi kalian add layer mask yang berada dipojok kiri bawah(add layer mask sudah saya beri tanda pada gambar) , Maka hasilnya akan seperti gambar yang kalian lihat diatas dan ulangi dengan langkah yang sama tetapi kalian ubah yang tadinya horiszontal menjadi vertikal.

LANGKAH KETIGA

Pada tahap inilah proses yang paling rumit, tetapi saya akan jelaskan secara mendetail sebelum itu kalian perhatikan dulu gambar berikut.
  1. Kalian tahan tombol Ctrl lalu klik kiri pada kotak nomor 1
  2. Kalian tekan tombol kombinasi Ctrl+Shift+Alt lalu kalian klik kiri pada kotak nomor 2
Maka akan terseleksi seperti gambar yang kalian lihat sebelumnya, Berikutnya kalian hapus seleksinya yang sudah saya beri tanda titik dengan menggunakan subtrac from selection, Lalu kalian tekan Ctrl+J maka akan menghasilkan layer baru.

Berikutnya kalian ulangi langkah sebelumnya yang membedakannya pada tahap ini, Kalian putar balikkan yang tadinya seleksi titik merah kalian hapus, Pada tahap ini tidak usah kalian hapus seleksi tersebut.

Dan yang tadi tidak kalian hapus seleksinya,  Pada tahap ini kalian hapus. Jika sudah kalian pilih layer foto dan tekan Ctrl+J.

LANGKAH KEEMPAT

Kalian samakan penempatan layer seperti gambar berikut dan jika sudah kalian tahan tombol Ctrl dan arahkan kursor pada garis berwarna merah hingga berubah lalu klik.
Selanjutnya tinggal kalian beri efek glow dengan mengklik 2x pada layer Nomor 1 dan atur outer glow seperti di gambar dan lakukan hal yang sama pada layer nomor 2.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Pertanyaan dikolom komentar ini..!!!

Jika Ada Masalah Atau Ada Bahasa Yang Kurang Dimengerti Silakan Lapor Dikolom Komentar.
DILARANG PROMOSI WEB..!!!!