Ayo Migrasi Ke Televisi Digital

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya, dimasa pandemi seperti sekarang ini kita wajib selalu menjaga kesehatan dan mengikuti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Selama PPKM hiburan yang bisa kita lakukan selama dirumah ya bermain dengan keluarga dan menonton acara favorit di TV.

Apakah TV dirumah kalian kualitas gambar yang dihasilkan buruk seperti berbayang dan tidak jenih? Kalau iya, kebetulan banget pemerintahan indonesia sedang melakukan perpindahan siaran televesi analog ke siaran televisi digital.

APA ITU SIARAN TELEVISI DIGITAL?

Siaran digital sama seperti siaran analog dimana keduanya sama-sama menggunakan frekuensi radio VHF / UHF, akan tetapi sinyal siaran digital merupakan konversi data digital MPEG-2 yang dapat mengantarkan suara dan gambar dengan lebih bersih dan jernih melalui sistem penerimaan Digital Video Broadcasting Terrestrial (DVB-T).

MANFAAT PINDAH KE TELEVISI DIGITAL

Gambar dan Suara Menjadi Lebih Bagus

Pada siaran analog kualitas gambar dan suara ditentukan dari lokasi pemancar, semakin jauh lokasi siaran pemancar maka semakin lemah sinyal dan kualitas gambar & suara akan ditampilkan semakin menurun seperti gambar tidak bersih dan suara tidak jernih. Akan tetapi pada siara digital hal tersebut tidak berlaku. Gambar maupun suara yang dihasilkan akan tetap bersih dan jernih sampai titik dimana sinyal tidak dapat diterima, sehingga masyarakat yang berada di pelosok dapat melihat siaran televisi dengan bagus.

Pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya, apakah televisi digital itu berbayar? Televisi digital 100% gratis, tidak perlu berlangganan. Hanya memerlukan Set Top Box (STB) saja, TV lama (tabung/LED) dan antena lama masih bisa digunakan untuk menonton siaran televisi digital.

Sistem Peringatan Dini

Pada Set Top Box TV digital terdapat fitur peringatan dini bencana, apabila terjadi suatu bencana seperti gempa bumi atau stunami maka siaran digital akan ada peringatan bencana. Fitur ini sangat bermanfaat untuk kita sebagai masyarakat dalam menghadapi apabila akan ada suatu bencana maka siaran digital akan ada peringatan dini bencana.

Efisien Pita Frekuensi

Dengan adanya siaran digital dari 328 Megahertz diperuntukkan untuk seluruh stasiun televisi dapat dipangkas hingga 176 Megahertz, sisa 112 Megahertz dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti layanan internet cepat 5G.

Ayo segera migrasi ke televisi digital, menonton acara televisi dengan gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jenih. Untuk yang mendapatkan informasi tentang siaran digital kalian bisa kunjungi sosial media dan website siaran digital indonesia.

Website : siaran digital indonesia

Facebook : siaran digital indonesia

Instagram : siaran digital indonesia

Twitter : siaran digital indonesia



Related Posts

0 comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Pertanyaan dikolom komentar ini.