Pembelajaran di Masa Pandemi COVID - 19

Pada kondisi pandemi COVID-19 di indonesia saat ini, banyak pekerjaan dan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh melalui daring (jejaring internet) agar mengurangi penularan COVID-19. Untuk mendukung pembelajaran kenormalan baru banyak sekali yang mengadakan kelas pembelajaran gratis maupun perbayar dan acara webinar untuk menambah wawasan selama berada dirumah, salah satunya webinar yang diadakan oleh Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI dalam rangka kegiatan webinar series agustus yaitu Webinar Kurikulum Kondisi Khusus, Adaptasi Pembelajaran Kebiasaan Baru.


Dalam sesi webinar tersebut ada salah satu narasumber yang memberikan saya wawasan tentang dunia pendidikan ialah ibu Titik Nur Istiqomah beliau adalah seorang guru SD di Muhammadiyah 1 Muntilan. Ada nilai-nilai karakter yang saya dapatkan dari ibu Titik, berikut adalah nilai karakter yang dapat diambil dari sosok ibu Titik:

EMPATI

Sebelum menentukan cara pembalajaran jarak jauh ibu titik nur istiqomah melakukan empati terhadap lantar belakang murid-muridnya supaya tidak ada yang kesulitan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Seperti mengetahui kepemilikian gawai apakah murid mempunyai gawai atau tidak, mengetahui paketan data internet perbulan, melakukan musyawarah dengan wali murid dan lainnya.

Dengan memiliki nilai karakter empati, kita dapat memahami keadaaan orang lain dan mengambil perspektif orang lain. Ada pula manfaat yang didapat jika memiliki nilai karakter empati yaitu menjauhkan dari sikap egois, dapat mengontrol dan evaluasi diri sendiri.

KERJA KERAS

Ibu titik nur istiqomah mempunyai nilai karakter yang pekerja keras, bisa dilihat apa yang beliau lakukan dalam mengajarkan pembelajaran kepada murid-muridnya. Ibu titik sudah membuat vidio pembelajaran kepada murid-muridnya akan tetapi banyak yang kesulitan dalam memahami pembelajaran tersebut (mata pelajaran matematika), jadi ibu titik melakukan metode pembelajaran lain yaitu personal home visit selama 1 jam sampai 1 jam 30 menit dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Menanamkan sifat kerja keras pada diri sendiri akan melakukan setiap kegiatan dengan sunguh-sunguh tanpa mengenal lelah sebelum target yang diinginkan tercapai, dengan kerja keras dapat membuat pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.

KREATIF & INOVASI

Ibu titik memahami betul murid-muridnya yang tidak bisa lagi bermain dengan teman-temannya, mengurangi aktifitas diluar rumah hal tersebutlah yang dapat membuat muridnya merasa bosan dan ditambah dengan tugas dari sekolah. Ibu titik mencoba memberikan tugas yang baru kepada murid-muridnya untuk mengurangi rasa bosan selama PSBB yaitu tugas membuat sebuah minuman beserta langkah-langkahnya, membuat vidio tiktok ajakan mencuci tangan dengan langkah-langkah yang benar.

Itulah beberapa nilai-nilai karakter yang dapat diambil dari sosok ibu Titik Nur Istiqomah pada webinar Kurikulum Kondisi Khusus, Adaptasi Pembelajaran Kebiasaan Baru. Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk pembaca dan semoga COVID-19 ini segera berlalu, amin.

#CerdasBerkarakter #BlogBerkarakter #SeruBelajarKebiasaanBaru #BahagiaBelajardiRumah



Related Posts

0 comments:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Pertanyaan dikolom komentar ini.