Skip to main content

Tutorial Smudge Mata Simple dengan Sketchbook

Whats up guys, Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tutorial smudge lengkap dari a sampai z disana sudah saya beri tahu dengan lengkap tool apa saja yang dipakai dan settingan pada setiap tool tersebut. Walaupun disana sudah ada tutorial membuat mata tetapi penjelasannya masih kurang lengkap, maka dari itu saya buat artikel ini.
Sebenarnya teknik ini telah banyak dijelaskan oleh para master sketchbook. Tapi tidak ada salahnya jika saya memberikan tutorial tentang  mata smudge painting ini untuk menambah ilmu bagi yang belum tahu dan disini saya akan memberi tahu dengan jelas tool apa saja yang dipakai dan cara settingnya, langsung saja kita ketahap tutorial.

LANGKAH PERTAMA

Perlu kalian ketahui tutorial mata ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya, pada saat memwarnai atau meskin smudge pasti kalian menghapus bagian mata dan mulut pada layer skin tersebut.

Nah.. pada lubang atau bagian mata tersebut kalian beri warna putih dengan menggunakan tool kuas dan jangan lupa sebelum mewarnai buat layer baru terlebih dahulu, ubah juga blend mode pada layer menjadi color. Setelah itu tinggal kalian gosok saja layer foto asli pada bagian bola mata menggunakan tool smudge.

LANGKAH KEDUA

Untuk membuat pupil mata dari awal menurut saya sangatlah sulit untuk dilakukan seorang newbie, maka dari itu saya menggunakan cara lain yaitu memasukan mentahan pupil kedalam lembar kerja. Caranya kalian tekan gambar jangka > import image, lalu samakan posisinya dan jika ada bagian yang keluar dari kelopak mata tinggal kalian hapus dengan menggunakan eraser tool.
bahan pupli mata bisa didapatkan disini

LANGKAH KETIGA

Selanjutnya kalian akan membuat dimensi mata supaya nampak seperti aslinya, buat new layer dan setting brush tool seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu kalian brush bagian mata atas dengan warna hitam dan dilanjutkan dengan membuat new layer, ubah blend mode layer menjadi color. Kalian warnai bagian samping mata dengan warna merah.
Nah.. itu saja tutorial smudge mata simple dengan menggunakan aplikasi sketchbook, Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah berkunjung jika ada pertanyaan bisa tinggalkan dikolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar