Skip to main content

Cara Membuat Efek Sketsa Pensil Dengan Photoshop

Whats up guys,Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat foto normal menjadi efek sketsa pensil, Mungkin bagi sebagian orang membuat efek tersebut bisa dengan mudahnya, Nah disini saya akan memberitahu kalian yang tidak mempunyai keterampilan khusus tentang menggambar dengan mengandalkan aplikasi photoshop dan beberapa tool photoshop.
Cara membuat teknik ini sangatlah mudah, Kalian hanya perlu menduplikat foto, mengubah gambar menjadi invert, mengatur level gambar dan hue/saturation.

LANGKAH PERTAMA

Kalian buka foto yang ingin dijadikan sketsa dengan menekan CTRL+O, Lalu kalian duplikat layer tersebut dengan menekan CTRL+J (Maka aka menghasilkan layer copy dan layer background).

Sebelum itu kalian juga bisa menyeleksi objek dengan pen tool untuk memisahkan objek dengan background supaya memudahkan kita dalam proses pengerjaan nanti, atau bisa kalian lewatkan tahap yang satu ini.

LAMGKAH KEDUA

Kalian ubah foto menjadi invert dengan memilih Image > Adjustment > Invert (atau bisa menekan CTRL+I) Lalu kalian tambahkan layer Hue/Saturation dan kalian ubah pada bagian Saturation yang tadinya 0 menjadi -100, untuk lebih jelas bisa lihat gambar berikut ini.

LANGKAH KETIGA

Kalian pilih layer sebelumnya yaitu layer copy dan ubah blending mode menjadi Color Dodge maka tampilan layer akan menjadi putih.

LANGKAH KEEMPAT

Selanjutnya kalian pilih Filter > Blur > Guassian Blur dan atur radius pixelnya dengan gambar kalian hingga terlihat real seperti sketsa pencil.
Sekarang kalian atur level pada gambar sesuai dengan keinginan kalian, pilih layer background dan pilih Image > Adjustment > Level dan jika sudah kalian tekan OK.

LANGKAH KELIMA

Langkah selanjutnya kalian tinggal hapus bagian background, Jika dilangkah sebelumnya kalian lewatkan (Pada tahap 1, Menyeleksi objek dengan background) hapus dengan eraser tool atau bisa menggunakan layer mask.

Nah.. itu dia penjelasan cara membuat sketsa pencil dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan mudah untuk d iikuti menggunakan adobe photoshop, Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar