Skip to main content

Cara Membuat Typography Dengan Photoshop

Whats up guys, Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat typography di photoshop dan seperti biasa sebelum kita mempraktekkan cara membuat teknik ini, kita akan mengulas sedikit mengenai dasar dari teknik typography.
Typography diartikan kedalam bahahasa yaitu membentuk sebuah tulisan dimana kita menyusun letak,mengatur dan menghias tulisan tersebut Sehingga pesan yang kita sampaikan bisa dipahami oleh sipembaca dan terlihat bagus saat dipandang.

Setelah kalian tau dasar dari teknik typography ini, Saya akan menjelaskan cara pembuatannya dengan bahasa yang mudah di pahami untuk orang awam dan dalam membuat typography ini saya menggunakan font bawaan dari komputer jadi kalian tidak usah menginstal font khusus.

LANGKAH PERTAMA

Kalian buat terlebih dahulu lembar kerja baru dengan menggunakan warna dasar putih maka akan muncul layer background kalian klik 2x layer tersebut, Pilih Pattern Overlay lalu ubah texturenya dan pilih gradient overlay ubah blend mode,gradient,style,angle,scale seperti di gambar.

LANGKAH KEDUA

Pada tahap ini kalian akan menyusun kata per kata dengan mengunakan font yang berbeda-beda dan ukuran, ketebalan font yang berbeda pula, Contoh kalian akan membuat typography bertema indonesia maka kalian susun nama-nama kota di indonesia dengan berbagai font,ukuran,ketebalan yang berbeda dalam setiap masing-masing nama kota.
Usahakan tata letak kata jangan terlalu sejajar naik atau turunkan sedikit posisi disetiap kata dan gunakan warna font dengan kode warna 989898,Jika sudah, Kalian masukan kedalam grup layer kata yang tadi kalian tulis. Lalu klik kanan folder grup tersebut dan pilih merge grup.

LANGKAH KETIGA

Dari tahap kedua kita sudah membuat typography bertema indonesia, Lalu pada tahap ini kita buat kata indonesia dengan menggunakan font impact dan kecilkan opacity hingga 9%.

LANGKAH KEEMPAT

Kalian seleksi kata yang tadi kita buat menggunakan font impact dengan cara tekan Ctrl+klik kiri pada bagian layer tersebut, Jika font sudah terseleksi maka kalian klik layer kata kota di indonesia yang tadi dibuat pada tahap 2 lalu kalian copy layer tersebut dengan menekan Ctrl+J pada keyboard kalian.

LANGKAH KELIMA

Setelah kalian copy layer tersebut , Kalian pilih layer hasil copy tadi dan klik 2x layer tersebut. Pilih Color overlay dan ubah pallete warna dengan warna putih.

LANGKAH KEENAM

Pada tahap ini kalian copy layer kata yang tadi kita buat dengan layer impact dengan menekan Ctrl+J dan pilih Filter > Blur > Gaussian Blur.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar