Skip to main content

Cara Membuat Efek Tulisan Dikaca Berembun Dengan Photoshop

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat tulisan dikaca berembun dengan menggunkan bahasa yang simple dan mudah dipahami untuk orang yang belum terlalu mengenal photoshop, Langsung saja kita mempraktekannya.

LANGKAH PERTAMA

Langkah pertama kalian memerlukan foto embun dimana foto tersebut merupakan bagian terpenting dalam proses pebuatan tulisan di kaca berembun, Jika kalian sudah punya buka foto tersebut di photoshop dengan menekan Ctrl+O.

LANGKAH KEDUA

Selanjutnya kalian buka foto background yang kalian inginkan dengan memilih File > Place, disini saya memakai foto kota tokyo. Lalu kalian convert to smart objek foto background tersebut.
Langkah selanjutnya kalian beri effect blur pada foto background dengan memilih Filter > Blur > Gaussian Blur atur radius blur tersebut 10pixel.

LANGKAH KETIGA

Lalu kalian ubah blending mode layer background yang tadinya normal menjadi overlay dan
Tulis nama kalian tepat dibawah layer background, Setelah itu Pilih Filter > Liquify jika ada notif pilih Ok.
Disini kalian berikan effect tulisan seperti luntur/slime dengan melakukan settingan liquify sebagai berikut klik dan tarik kebawah bagian yang kalian inginkan, Jika sudah klik ok.

LANGKAH KEEMPAT

Langkah berikutnya kalian ubah blending mode tulisan nama kalian menjadi Overlay seperti langkah sebelumnya, Lalu tekan Ctrl+J pada keyboard kalian.

Jika dirasa tulisan kalian ada yang terlalu tebal dan ada juga yang tidak maka kalian add layer mask pada hasil copy layer tulisan nama kalian, Untuk mensamaratakan ketebalan tulisan kalian klik layer mask yang tadi kita buat lalu gunakan Brush tool dengan opacity yang kecil, Kalian hapus bagian yang menurut mu terlalu tebal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar