Skip to main content

Tutorial Ilustrasi Art Petir atau Listrik Dengan Sketchbook

Whats up guys, pada kesempatan kali ini saya akan mejelaskan tutorial ilustrasi art membuat kilat atau petir pada aplikasi sketchbook. Biasanya teknik ini digunakan pada saat membuat ilustrasi art, sebelum memasuki tahapan tutorial alangkah baiknya kita mengenali dahulu apa itu ilustrasi art. Ilustrasi merupakan hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing atau menggambar yang bertujuan untuk menghiasi suatu gambar dan diharpkan dengan bantuan visualisasi dapat membuat suatu gambar menjadi lebih indah.
Untuk membuat petir atau kilat sangatlah mudah kalian hanya menggunakan brush tool dan eraser tool, petir atau kilat merupakan fenomena alam yang umumnya terjadi pada saat musim penghujan, yang diawali dengan kilatan cahaya. Sesaat kemudian akan terdengar suara menggemuruh yang disebut dengan guntur atau gluduk dalam bahasa Jawa.

LANGKAH PERTAMA

Pertama-tama kalian setting dulu tool untuk membuat garis petir seperti gambar dibawah ini dan untuk ukuran berbeda-beda disetiap ukuran lembar kerja, jika settingan tool tersebut terlalu kecil/besar dilembar kerja sobat. Tinggal ubah saja ukuran tool tersebut.

LANGKAH KEDUA

Selanjutnya kalian buat layer baru dengan menekan tanda plus dan dilanjutkan dengan menggambar garis petir (warna putih) pada layer baru tersebut, untuk membuat garis petir itu sendiri bebas yang perlu diperhatikan adalah garisnya harus tegas tidak boleh melengkung atau bengkok.

Setelah itu kalian pertegas sudut-sudut garis dengan menggunakan eraser tool dan dilanjutkan dengan membuat cabang-cabang petir menggunakan tool yang tadi, perkecil ukurannya.

LANGKAH KETIGA

Kalian setting tool brush seperti gambar dibawah ini, tool tersebut digunakan untuk mewarnai petir.
Buat new layer dan kalian pindahkan layer tersebut tepat dibawah layer garis petir dan sekarang kalian warnain petir tersebut, disini saya menggunakan warna biru. Setelah kalian mewarnai petir dilanjutkan dengan membuat layer baru dan kalian warnai lagi garis petir dengan warna putih, jangan lupa ubah blend layer menjadi glow & perkecil opacity. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar dibawah ini.
Nah.. itu saja tutorial ilustrasi art membuat petir dengan menggunakan aplikasi sketchbook, Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah berkunjung jika ada pertanyaan bisa tinggalkan dikolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar