Cara Membuat Double Exposure Di Photoshop

Cara membuat effect double exposure , Sebelum kita mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat effect double exposure. Mari kita bahas apa itu teknik effect double exposure, Teknik effect double exposure merupakan salah satu teknik gabungan antara dua buah gambar atau lebih menjadi satu komposisi untuk membuat suatu gambar tersebut menjadi lebih menarik.
Cara membuat double exposure photoshop
Sekarang kalian sudah tau mengenai apa itu teknik double exposure dan disini saya akan membahas bagaimana cara mengedit foto menjadi effect double exposure dengan photoshop dengan bahasa yang simple dan mudah di pahami untuk orang awam yang tidak begitu bisa menggunakan Photoshop maupun Coreldraw, Saya menggunakan photoshop CS6 jika kalian menggunakan adobe photoshop CS5, CS4 kebawah atau menggunakan Colerdarw tidak usah khawatir sebenarnya semuanya sama saja.

Cara Membuat Double Exposure

Langkah pertama untuk membuat effect doubel exposure kalian buka foto yang ingin di edit menjadi double exposure dengan menekan CTRL+O setelah itu kalian klik 2x gambar gembok yang berada di layer model, maka akan muncul notifikasi lalu ok.

Selanjutnya kalian ubah foto model menjadi hitam putih dengan menekan Image > Adjustment > Black & White, Lalu kalian atur warna hitam putih dengan menekan Ctrl+M.

Setelah itu kalian masukan gambar yang ingin di gabungkan dengan gambar objek (Misal : Pemandangan , Pohon , Gedung) jika sudah kalian hapus langit-langit pemandangan dengan cara klik “Image > Adjustments > Replace Color. Disini kalian klik add to sample lalu kalian klik kotak hitam dibagian area langit seperti digambar dan ubah Lightness dari 0 menjadi +100 lalu OK.

Pindahkan foto pemandangan yang tadi kita edit ke foto model dengan mendrag foto pemandangan ke foto model atau bisa dengan menekan Ctrl+A (pada foto pemandangan) > Ctrl+C  Pidah ke projek foto medol lalu tekan Ctrl+V, Jangan lupa atur ukuran foto dengan tekan Ctrl+T.
Selanjutnya kalian seleksi bagian putih/langit tadi dengan Magic tool lalu tekan Delete.

Setelah itu kalian klik layer pemandangan lalu tahan Ctrl dan klik kiri layer model maka akan terseleksi kedua layer tersebut lalu klik Ctrl+Shift+I lalu tekan Delete.

Selanjutnya kalian copy layer model dengan menekan Ctrl+J dan hasil layer tersebut kalian pindahkan ke bagian paling atas.

Lalu kalian Tekan Layer Mask klik layer mask tersebut lalu kalian atur setingan bursh tool seperti di gambar, Di set color kalian ada warna putih dan warna hitam fungsi dari warna tersebut pada layer mask adalah. Warna hitam untuk menghapus bagian layer dan warna putih untuk mengembalikan bagian layer yang di hapus.

Sekarang kalian tinggal hapus area yang pingin kalian hapus jangan lupa bagian wajah harus terlihat dengan jelas.

Related Posts

1 comments

Silakan Tinggalkan Pertanyaan dikolom komentar ini.