Skip to main content

Cara Membuat Efek Siluet dengan Picsart

Whats up guys, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat efek siluet dengan menggunakan aplikasi picsart. Tutorial ini sangat mudah di ikuti untuk pemula sekalipun, karna dalam proses pembuatan siluet kita hanya perlu menghapus dan mengubah blend mode pada layer.

Efek foto siluet ini sangat terkenal di indonesia semenjak acara Pas Mantab sering kali memberikan foto kepala siluet kepada bintang tamunya, kalo untuk sekarang acara Pas mantab sudah tidak ditanyangkan lagi di stasiun Tv Trans7 dan mungkin anak jaman sekarang tidak tau apa itu siluet taunya hanyalah foto kepala hitam dengan background putih, mereka tidak tau apa nama karya seni tersebut.
Menurut wikipedia siluet merupakan efek yang dihasilkan dalam fotografi karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Seiring perkembangan jaman efek siluet ini tak lagi berwarna hitam dan putih saja, sudah banyak sekali macam-macam siluet yang bertebaran di internet seperti siluet double exposure dimana kepala siluet diubah tak lagi berwarna hitam tetapi bergambar pemandangan dan siluet milky way dimana siluet ini tetap berwarna hitam tetapi backgroundnya saja yang berubah tak lagi berwarna putih.

Karya seni kepala siluet ini sangat cocok sekali untuk dijadikan kado akan tetapi masih banyak orang yang berbikir bahwa harga untuk foto siluet terlalu mahal, maka dari itu saya akan buatkan tutorial cara membuat siluet dengan menggunakan smartphone dan tak usah berlama-lama lagi langsung saja kita ketahap pembuatannya.

LANGKAH PERTAMA

Pertama-tama buka aplikasi picsart, lalu kalian pilih gambar dan masukan foto yang ingin diedit menjadi siluet art.

LANGKAH KEDUA

Selanjutnya kalian hapus background pada foto dengan menggunakan eraser tool dan setelah itu kalian ubah layer paling atas menjadi warna putih.

LANGKAH KETIGA

Kalian buat layer baru dengan cara menekan tanda plus dan pilih lapisan kosong, setelah itu kalian warnai layer tersebut dengan warna hitam dan kalian atur posisi layer seperti gambar dibawah ini.

LANGKAH KEEMPAT

Selanjutnya kalian tap layer paling atas dan pilih titik 3 > lebur, setelah itu tinggal kalian simpan foto siluet milik kalian. Usahakan pada tahap menghapus background harus sangat teliti karna itu merupakan faktor yang menentukan hasil siluet bagus atau tidaknya.
Nah.. itu saja tutorial membuat foto siluet dengan menggunakan aplikasi picsart, Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah berkunjung jika ada pertanyaan bisa tinggalkan dikolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar