Skip to main content

Tutorial WPAP Super Lengkap dari A sampai Z untuk Pemula Sketchbook

Whats up guys, pada kali ini saya akan membahas tutorial WPAP karna banyak sekali yang meminta tutorial ini maka dari itu saya buatkan. Padahal sudah banyak sekali yang membahas cara pembuatan WPAP ini di internet, akan tetapi penjelasannya kurang detail. Disini saya membuat WPAP menggunakan aplikasi sketchbook versi terbaru dan sebelum membuat WPAP kalian harus tau asal muasal karya tersebut.

APA ITU WPAP?

WPAP adalah singkatan dari Wedha's Pop Art Potrait yang di ciptakan oleh wedha abdul rasyid atau biasa dikenal sebagai bapak ilustrasi indonesia. Sesuai namanya WPAP mempunyai ciri khas tersendiri yaitu pop art atau warna warni dan setiap sudut harus lancip.

FACET

Facet merupakan garis-garis yang mempunyai kurva, dibawah ini merupakan cara melakukan faceting yang baik dan benar.

T FOCUS

T focus merupakan langkah awal dalam melakukan faceting, karna apa. Karakter seseorang bisa dilihat dari area T fokus yaitu mata, hidung dan mulut, untuk contohnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini. Hanya melihat mata, hidung dan mulut saja kita sudah dapat menebak gambar wajah WPAP dibawah ini yaitu wajah John Lennon.

LANGKAH PERTAMA

Pertama-tama kalian ubah terlebih dahulu foto menjadi hitam putih supaya kalian dapat dengan mudah membedakan bagian yang terang dan gelap, disini saya menggunakan fitur grayscale pada aplikasi picsay pro. Kalian dapat menemukan fitur tersebut pada menu effect > grayscale.

LANGKAH KEDUA

Selanjutnya kalian buat facet pada aplikasi sketchbook, Setelah itu buat new layer dan setting technical pen tool seperti di bawah ini.

LANGKAH KETIGA

Untuk membuat facet kita menggunakan yang namanya fitur Draw Styles dan dalam melakukan faceting ini sangatlah sulit. Tidak boleh mengasal dalam melakukan faceting ini kalian harus dapat membedakan mana bagian yang terang dan gelap, dalam melakukan faceting kalian lakukan terlebih dahulu pada bagian area T fokus (mata, hidung, mulut).

LANGKAH KEEMPAT

Selanjutnya kita ketahap coloring, untuk melakukan coloring kalian bisa menggunakan pallet warna yang sudah saya sediakan dan dalam melakukan coloring tidak boleh mengasal. Pemberian warna harus sesuai dengan kecerahan, jika area facet berwarna gelap kalian beri warna gelap juga dan begitu pula sebaliknya yang perlu kalian perhatian warna harus saling bertabrakan tidak boleh ada yang sama. Misal saya beri warna merah disebelahnya tidak boleh diberi warna yang sama lagi seperti merah, merah muda, merah tua.
Fitur Fill digunakan untuk memberi warna dan Tool Pick Color digunakan untuk mengambil warna pada pallet color.
PALLET WARNA WPAP

BELAJAR WPAP YUK

Apabila ingin mendalami WPAP kalian bisa bergabung grup facebook BELAJAR WPAP YUK, walau kebanyakan anggota grup menggunakan photoshop atau corel draw untuk membuat wpap. Disana kalian bisa bertanya-tanya dan dapat melihat proses foto biasa hingga menjadi WPAP. Kalian amati mulai dari facet dan pewarnaan gelap terang, peraturan disana sangat simple. Jika ingin menanyakan kekurangan dari WPAP milik kalian, pada saat mengupload harus menyertakan 2 buah foto ( foto hitam-putih & hasil WPAP ).

Nah.. itu saja tutorial WPAP dengan menggunakan aplikasi sketchbook, Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah berkunjung jika ada pertanyaan bisa tinggalkan dikolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar