Skip to main content

Cara Membuat Hope Poster Di Photoshop

Apa kalian tau Poster Obey? Mungkin hanya sebagian orang saja yang tau,Poster itu Di buat oleh Shepard Fairey ia adalah Seniman atau Designer lulusan Rhode Island School of Design, Amerika. Salah satu karya yang paling terkenal adalah HOPE-Barrack Obama Poster (Harapan Barrack Obama) pada tahun 2008 hingga saat ini.

Secara teknik, Hope Poster mempunyai ciri khas tertentu di dalam penggambaran objek (wajah seseorang), Dimana kita akan mengedit atau warnai objek dengan menggunakan 3 warna ( Biru,Merah,Moccasin/Buff) tanpa menghilangkan karakter objek atau wajah tersebut.

Disini saya akan membahas bagaimana cara membuat effect Hope Poster dengan bahasa yang simple dan mudah di pahami untuk orang awam yang tidak begitu bisa menggunakan Photoshop maupun Coreldraw.

LANGKAH PERTAMA

Langsung saja kita praktek. Awal mula Buka Aplikasi Edit Photo (Photoshop atau Coreldraw) > Open Gambar yang mau di edit untuk mempersingkat waktu tekan “CTRL+O”. Disini saya menggunkan foto Kang emil (Ridwan Kamil).

Mengapa saya memilih gambar tersebut dikarnakan objek yang jelas (tidak blur) , Memiliki pencahayaan yang cukup tidak ada Noise(Bintik-bintik putih), Tidak overlight (tidak terlalu terang). Jika kalian baru belajar usahakan kalian  mengambil gambar dari Google terlebih dahulu dan harus
memiliki kreteria di atas, Supaya saat editing  jadi lebih mudah dan hasilnya-pun lebih maksimal.

LANGKAH KEDUA

Selanjutnya klik dua kali gambar gembok yang berada di layer objek atau model maka akan ada notif, lalu pilih saja Ok dan ubah ukuran gambar menjadi  Width 1000 pixels dengan menekan image > image size > ubah Width menjadi 1000pixel > OK.

LANGKAH KETIGA

Ubah gambar menjadi Hitam-Putih dengan menekan tombol kombinasi shift+Ctrl+U, Lalu kalian atur input/output Curves (Kontras,Kecerahan,White balance)  dengan menekan Ctrl+M atau dengan Klik  Image > Adjustment > Curves dan atur warna Curves sebagai berikut.

LANGKAH KEEMPAT

Kalian hapus bagian background dengan menggunakan pentool atau juga bisa dengan magictool,
lalu klik  Filter > Artistic > Catout (Untuk Ps Cs6 Artistic berada di Filter Gallery..) Atur Cutout-nya, Usahakan karakter wajah terlihat jelas (Mulut, Mata,Hidung)  dan seimbangkan warna Hitam,Abu-abu,Putih.

LANGKAH KELIMA

Arahkan kursor ke Adjustment panel yang berada di atas  dock panel klik Channel Mixer > Cheklis Monochrome, lalu atur Level Posterize klik Posterize kalian coba dari level 5-8 yang mana yang paling enak di pandang, Disini saya memilih Level 7.

LANGKAH KEENAM

Jika sudah “Klik Gradient Map”yang berada di Adjustment panel lalu “Edit Gradient” setelah muncul Gradient Editor, Atur “Color Stop dan warna” yang berada di bawah smoothness mulai dari kiri sampai ke kanan untuk lebih jelasannya lihat pada gambar berikut ini.
Pengaturan Colorstop
1.Biru = Kode 00324d , Location 0%
2.Merah= Kode e01825 , Location 20%
3.Biru 2= Kode 7495a4 , Location 50%
4.Moccasin/Buff= Kode fde5a9 , Location 70%
5.Moccasin/Buff= Kode fde5a9 , Location 100%

Jika warna di wajah di rasa kurang pas/ tidak enak di lihat, kalian bisa menggeser ColorStop yang paling Dominan (Banyak/Berpengaruh). Misal warna Merah yang paling dominan lalu kalian geser warna Biru2 ke arah Merah.

Jika di rasa masih kurang bagus kalian bisa menurunkan/menaikan Level Posterize, lalu atur kembali ColorStop tadi kalau sudah block semua layer dengan menekan “Ctrl+klik semua layer” jika sudah terblock semua layer tersebut , Lalu kalian“Klik kanan pada layer objek/model > Merge layer”.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar